Berbagi Ilmu : Tips dan Trik Memperbaiki Atau Kanibal Level Sensor Air Mesin Cuci Full Automatic (Modul Error Alarm F1)

Friday, March 11, 2016

Tips dan Trik Memperbaiki Atau Kanibal Level Sensor Air Mesin Cuci Full Automatic (Modul Error Alarm F1)

Pada postingan pertama pernah saya bagikan cara mengganti micro switch pada modul mesin cuci 1 tabung.baca juga cara memperbaiki tombol modul mesin cuci 1 tabung
kesempatan kali ini saya ingin membagikan pengalaman pribadi dalam memperbaiki mesin cuci full automatic 1 tabung merk sanken type QW-S890 Tornado series.
Jangan selalu mengandalkan tukang service, jika mempunyai pengetahuan maupun hobi walaupun sedikit tentang elektronika.

Apabila sudah mengetahui part yang rusak pada mesin cuci, lebih baik melakukan pembelian dan perbaikan sendiri. Karena part-part pada mesin cuci dalam koneksinya umumnya menggunakan model socket yang dapat dilepas dan dipasang sewaktu-waktu.

Masalah yang terjadi pada mesin cuci saya, yaitu modul control menampilkan kode F1 berkedip dan buzzer berbunyi serta semua tombol yang terdapat di modul mesin cuci tidak berfungsi kecuali tombol on/off, setelah di cek di buku panduan, kode F1 adalah masalah yang terjadi pada sensor level air.
Perlu diingat setiap model maupun merk mesin cuci berbeda dalam tampilan kode alarm sensor level air, tergantung dari produsen yang memprogramnya. Akan tetapi untuk sensor level airnya semua sama, baik sistem maupun cara kerjanya yaitu menghasilkan frequensi tertentu sebagai triggernya.
A. Berikut ini bentuk sensor lever air mesin cuci sanken dan cara kerjanya :

posisi sensor


Cara kerja dari sensor level air sama dengan osilator yang terdapat pada radio atau televisi yaitu menghasilkan keluaran berupa frequensi.
jika pada osilator di radio atau televisi, untuk mendapatkan frequensi tertentu harus dilakukan trim (pemutaran) inti feritnya.
drum mesin cuci
input sensor











Sedangkan frequensi yang dihasilkan dari sensosr lever air tersebut yaitu dengan menggunakan udara yang terjebak didalam selang disaat tabung/drum mesin cuci terisi air.
Udara yang terjebak kemudian menekan membran sensor sehingga mengeluarkan frequensi tertentu yang akan sesuai settingan ketinggian air yang diinginkan.
input sensor level air
membran yang bergerak













Vacum membran kemudian menggerakan koker yang berinti ferit kedalam kumparan juga berinti ferit yang sudah teraliri arus listrik, sehingga keluaran dari sensor tersebut menghasilkan sebuah frequensi yang diterima oleh control module.

sensor yang telah di lepas
Sebelum melakukan pembelian part sensor level air yang baru ada baiknya dilakukan perbaikan pada sensornya tersebut dengan cara :
1. lakukan pembersihan socket kabel dari jamur dan embun
2. lakukan pembersihan pada pin sensor dari jamur dan korosi
3. lakukan pembersihan pada seluruh body sensor dari air dan keringkan
pin berjamur dan lembab
4. lakukan peniupan pada input sensor (koneksi selang), koker berinti ferit harus bergerak jika ditiup 
Apabila sudah dilakukan pembersihan module masih keluar alarm F1 atau terkadang timbul terkadang hilang, berarti sensor level air sudah bocor frequensinya. Segera lakukan penggantian part sensornya.


B. Tips dan Trik Service Maupun Kanibal Sensor Level Air Mesin Cuci
Disini saya akan bahas trik kanibal melakukan penggantian sensor level air dengan menggunakan mesin cuci sanyo, kenapa ??, karena setelah melakukan browsing di tokok online harga untuk sensor level air mesin cuci sanken yang original baru sekitar Rp. 225.000 sedangkan sensor level air mesin cuci sanyo yang original hanya Rp. 50.000. Perbedaan harga tersebut yang menjadi alasan serta karakteristiknya yang sama persis untuk dilakukan kanibal spare part.

Jika dilihat dari bentuk dan jenis socket kabelnya sama persis tinggal plug and play, dengan tegangan kerja yang juga sama 220Vac. yang membedakan hanya posisi input selang udaranya serta dudukan buat sensor (sanyo tidak ada). 

bentuk sensor sanken dan sanyo
fisik sensor yang serupa











Supaya selang sensor tidak tertekuk yang dapat menghambat udara ke sensor, maka lakukan penukaran langsung, tidak perlu dilakukan modifikasi karena sudah sama persis kontruksinya.

Setelah sensor level air yang baru dan sudah dikanibal terpasang sempurna, selanjutnya melakukan pengujian pada mesin unitnya. Apakah berfungsi atau tidak ???
sensor sanyo yang sudah dikanibal
unit mesin cuci dalam keadaan off
unit dalam keadaan on
unit dalam kondisi operasional spin





















Akhirnya setelah penggantian sensor level air hasil kanibal terpasang, alarm F1 sudah hilang dan mesin cuci sudah dapat dioperasikan dengan baik sampai saat ini.

catatan :
1. Tanda kerusakan pada sensor level air, apabila body sensor baik yang terbuat dari plastik maupun metal disentuh dengan jari akan terasa seperti tersetrum. 
2. setelah dilakukan service pada sensor level air, unit mesin dapat berfunsi normal tapi tiba terjadi lagi alarm F1 saat sedang beroperasi atau saat mulai di hidupkan itu bertanda frequensi sensor sudah bocor sehingga menjadi ngaco keluaran frquensinya.
Sekian Semoga Bermanfaat...!!!
wassalam 
bangdjo
jangan lupa like - share - joint member - G+1 - komentar jika dirasa berguna 

4 comments:

  1. Mesin cuci Sanken saya keluar kode E2.(menit 28)setelah proses air buang jadi gk bs peras atau spin.mohon solusinya pak.makasih

    ReplyDelete
  2. Artikel yang bagus

    https://linggomandiritechnik.blogspot.com/

    ReplyDelete
  3. josss om djon... penjelasan nya 😊

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"