Berbagi Ilmu : Penjelasan Detail Cara Pemasangan Modul Mesin Cuci Universal Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Tuesday, December 13, 2016

Penjelasan Detail Cara Pemasangan Modul Mesin Cuci Universal Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Modul mesin cuci otomatis anda rusak/error, mau ganti baru mahal...!!! tenang saja sekarang sudah ada modul mesin cuci otomatis universal. yang dapat diaplikasikan hampir semua merk mesin cuci 1 tabung/otomatis.

Dengan part yang mudah didapat dipasaran dan dengan harga yang terjangkau. Mesin cuci kita dapat berfungsi kembali. (sudah dibuktikan dengan mesin cuci saya sendiri dan berfungsi normal sama seperti aslinya).

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman kepada para pengunjung blog saya, tentang cara mengganti modul mesin cuci bawaan pabrik dengan modul mesin cuci universal yang murah meriah secara detail dan gamblang. (Modul merek SXY22000 dengan harga Rp. 130.000,-)

Sebenarnya pemasangannya sangat simpel dan mudah, jika kita mau memperhatikan sejenak fungsi dan kegunaan kaki-kaki yang terdapat pada modul universal tersebut. Dan yang paling penting juga kita perhatikan adalah wiring diagram mesin cuci yang sudah menempel biasanya dibagian belakang mesin cuci tersebut dengan wiring modul universalnya.

Jika pada mesin cuci tersebut sudah tidak ada lagi wiring diagramnya, maka kita akan sedikit dibuat kerja keras untuk mengurut jalur jalur kabelnya.

Untuk lebih memudahkan pemahaman,maka akan disajikan perbagian penjelasanya :

A. Menghubungkan kabel-kabel mesin cuci dengan kaki-kaki di modul universal.
Gbr. 2 (Wiring mesin cuci)
Gbr. 1 (Wiring modul universal)
Pada gambar 1 kaki modul sebelah kiri di beri nomor urut pada kaki-kakinya dan gambar 2 adalah wiring mesin cuci sanken tornado QWS890, berikut ini cara menghubungkanya :

1. Kaki no.1 adalah untuk Line/input PLN 220VAC (harus diperhatikan yang terkoneksi harus phasanya/Api/yang di cek tespent menyala), dihubungkan dengan kabel warna Coklat/Brown pada gambar 2.

2. Kaki no. 2 & 3 adalah untuk  Motor utama(pulstator putaran kekiri atau kekanan tabung mesin cuci(koneksi bebas karena terbalik tidak masalah,hanya putaranya yang terbalik) , dihubungkan dengan kabel warna merah/red ke kaki no. 2 dan kuning/yellow ke kaki no. 3.

3. Kaki no. 4 adalah untuk Solenoid Valve masukan air, (jika mesin cuci menggunakan 2 solenoid yang terdiri dari 4 kabel maka tinggal digabung saja warna kabel yang berbeda. Warna kabel yang sama itu adalah common nya/untuk netral), dihubungkan dengan kabel warna grey/abu-abu dan orange (disatukan).

4. Kaki no. 5 adalah untuk AC Retractor/Motor Drain (pembuangan air cucian/bilasan), jika terdiri dari 3 kabel maka untuk kabel yang 2 digabungkan yang 1 untuk netral), dihubungkan dengan kabel warna purple/ungu dan pink/merah muda (disatukan).

5. Kaki no. 6  adalah  saklar relay on modul & kaki no. 7 adalah Line Netral (kaki no.6&7sebaiknya digabung saja), dihubungkan dengan kabel warna Light Blue/biru terang.

6. Kaki no. 8 & 9 adalah DC Retractor/Motor Drain DC umumnya tidak digunakan, karena untuk motor drain arus DC.

7.  Kaki-kaki untuk Door On/Off (saklar penutup dan pengaman putaran tabung) dihubungkan dengan kabel warna black/hitam dan white/puti (terbalik tidak masalah)

Pengkoneksian modul universal dengan kabel mesin cuci Seperti gambar dibawah ini:
Gbr. 4 (Koneksi Kabel sudah ok)
Gbr. 3 (Koneksi Kabel)












Gbr. 5 (Solenoid Inlet Water)
Gbr. 6 (Saklar cover,safety dan sensor)











B. Menghubungkan kabel sensor level air dengan sensornya dan saklar cover maupun saklar pengaman putaran tabung.
Gbr. 7 ( Urutan kaki sensosr air)

Gbr. 8 (Fisik Sensor Level Air)












Semua mesin cuci otomatis (1 tabung) pasti mempunyai Sensor Level air dengan 3 kaki, jika terbalik dalam menghubungkanya dijamin air pengisian tabung tidak akan berhenti walaupun air sudah meluber keluar dan mesin cuci tidak dapat mencuci atau membilas.

Pada gambar 7 sengaja diurutkan no. 1 dari atas hanya untuk mempermudah saja. sedangkan pada gambar 8 fisik sensor no. 1 diurutkan dari sisi sebelah kiri.

1. Kabel green/hijau no.1 di hubungkan dengan kaki modul sensor air no. 1
2. Kabel blue/biru no. 2 dihubungkan dengan kaki modul sensorair no. 2
3. Kabel green/hijau no. 3 dihubungkan dengan kaki modul sensor air no. 3
Pastikan kabel hijau no. 1 di sisi socket modul sesuai dengan kabel hijau disisi fisik sensor air, lakukan mengecekan ujung pangkal kabel dengan menggunakan muti tester/avo meter agar lebih mudah dan lebih yakin.

Jika semua kabel sudah dihubungkan secara benar dengan modul universalnya, maka lakukan pengujian terlebih dahulu komponennya sudah berfungsi dengan benar atau belum, sebelum instalasi kabel dan tombol modul dirapihkan.

Berikut ini pengujian yang dilakukan :
Pada gambar 9 saat melakukan pengujian solenoid masukan air, seperti terlihat pada gambar air mengalir menandakan solenoid masukan air bekerja normal.
Gbr. 9
Pada gambar 10 dan 11 melakukan pengujian motor pulstator, seperti terlihat pada gambar drum tabung berputar, yang menandakan motor bekerja normal.
Gbr. 10
Gbr. 11











Pada gambar 12 saat melakukan pengujian Drain motor/pembuangan air, seperti terlihat pada gambar tampak air mengalir pada selang pembuangan, yang menandakan drain motor bekerja normal.
Gbr. 12
Demikianlah penjelasan singkat, jika ada yang kurang paham atau butuh bantuan dalam pengerjaanya silahkan kirimkan permasalahanya beserta fhoto wiring diagram mesin cucinya via email atau kolom komentar.
Semoga bermanfaat...
wassalam 
bangdjo
jangan lupa : share, joint member,komentar,G+,reaksi

7 comments:

  1. Saya sudah menerapkan satupersatu tapi modul mati total nggak bisa hidup apa ya sebabya apa konselet.merek yang saya gunakan mesin cuci polytron.mohon solusinya

    ReplyDelete
  2. Saya sudah pasang dengan benar,tetapi saya coba pencuciaanya air jalan turus, lalu saya coba spin nya tidak mau mutar, kira-kira apanya yang bermasalah itu gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama. Punyakujuga begitu. Air inputnya jalan terus. Washtidak mau jalan. Tak coba spinjuga gak jalan

      Delete
  3. saya sudah coba dan berjalan dengan baik, sebelum modulnya rusak dan saya ganti, saya juga sempat ganti tombol modulnya dengan menggunakan artikel dari penulis ini juga sebagai referensi, top banget dah artikelnya sangat membantu. terima kasih

    ReplyDelete
  4. Sore pak saya beli modul ym-500 yg lcd utk mesin cuci denpoo tetapi kenapa ya TDK berfungsi. Layar lcd nya working tetapi motor TDK berputar mohon bantuannya.

    ReplyDelete
  5. Gan kaki no.6 dan no.7 kalau digabung apa tidak korsleting?kata lapak sebelah bisa korsleting.
    Semoga jadi yg pertama di jawab 😗

    ReplyDelete
  6. Kabel no 6 harus di gabung ke no 7 ya pak.

    ReplyDelete

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"