Berbagi Ilmu : Rangkaian Elektronika Sederhana BAGIAN 1

Thursday, April 16, 2015

Rangkaian Elektronika Sederhana BAGIAN 1

Rangkaian elektronika sederhana bagian 1 terdiri dari rangkaian sirine,sensor,power supply,timer,bel pintu,saklar sentuh yang mudah dibuat dan dengan biaya murah serta spare part yang banyak tersedia di toko-toko penjual komponen elektronika.
Skema rangkaian elektronika sederhana ini saya posting secara bersambung yang sangat cocok untuk pelajar sekolah kejuruan,pemula dan para hobi karena masih sederhana.

Langsung saja skema diagram dibawah ini :

1. Rangkaian sirine sangat sederhana, hanya dengan menggunakan 1 buah transistor tetapi menghasilkan suara yang cukup nyaring terdengar ditelinga, saklar S2 berfungsi untuk mengaktifkan transistor melalui R1.S2 ditekan berulang-ulang suara yang dihasilkan juga terputus-putus.




2. Rangkaian pengusir nyamuk sederhana ini menghasilkan frekuensi sekitar 10 KHz, dimana dengan frekuensi tersebut nyamuk dapat mendengar dan mengusirnya.
Transistor TR1 dan Tr2 dapat menghasilkan oscilator prekuensi tinggi yang dikeluarjan melalui load spekaer. sedangkan fungsi dari trimpot [ RV/ resistor variabel] adalah untuk menatur besar dan kecilnya frekuensi yang dihasilkan.

3. Rangkaian bel pintu dapat dipasang dirumah anda hanya dengan merangkai beberapa buah komponen saja, dan hasil yang cukup memuaskan. dengan mengatur RV kita dapat menghendaki suara nada yang diinginkan. TR3 BC557/C945.


4. Rangkaian lampu lilin ini dapat dinyalakan dengan menggunakan korek api, cahaya korek api yang menyinari LDR akan mengakibatkan tahanan LDR menjadi kecil. perubahan tahanan ini akan menyebakan transistor TR1 aktif kemudian diumpankan ke TR2 yang menyebabkan lampu akan menyala berkedip seperti lilin. untuk mematikanya kembali, kita cukup menutup LDR agar tidak terkena cahaya.

5. Rangkaian Intercom ini sangat simpel dan sederhana, hanya dengan menggunakan IC LM380 kita sudah dapat menggunakan alat tersebut dengan kebutuhan sesuai keinginan kita.
dengan rangkaian tersebut kita sudah bisa inter komunikasi dengan orang yang lainya hanya dengan 1 alat saja. di rangkaian tersebut loud speaker berfunsi sebagai mic bila posisi saklar dalam posisi bicara dan akan berfungsi sebagai loud speaker bila posisi saklar dalam posis dengar. dengan harga yang murah dan komponen yang umum dipasaran tidak ada salahnya kita mnecoba. saklar yang digunakan jenis push bottom.
jika salah satu ingin berjauhan maka kita hanya memindahakan saklar dan loud speaker salah satunya saja diposisi yang kita inginkan dengan menambahkan kabel secukupnya.

6. Rangkaian Power supply untuk tingkat pemula sangat dibutuhkan dalam sebuah percobaan - percobaan yang akan dilakukan. cocok untuk digunakan dalam anda melakukan perakitan sebuah rangkaian yang saya bagikan ini.

7. Rangkaian Cross Over ini sebagai pemecah suara antara woofer dan tweeter atau bass dan treble dari sebuah peralatan sound system yang tentunya kita menginginkan kualitas suara yang baik.
Untuk keperluan tersebut tentunya kita harus membuat suatu rangkaian penyesuai impedansi yaitu Cross Over. komponen tersebut langsung terpasang di speakernya didalam box, yang harus diperhatikan adalah dalam penyolderan,kita harus kuat supaya tidak mudah lepas terkena getaran dari loud speakernya tersebut. Capasitor disarankan menggunakan tipe Tantalum dengan tegangan kerja 50V. jika suara treble dirasa kurang maka bisa diganti C1 dan C2 dengan nilai yang lebih kecil untuk suara yang lebih melengking begitu sebaliknya.


8. Rangkaian Pwer supply dengan penyearah gelombang penuh [linier] dengan sebuah IC regulator 723 sehingga output tegangan dapat disetel antara 2 - 10 VDC melalui VR 10 K , dengan arus yang dibatasi oleh TR AC178 sebesar 300mA. dapat dikembangkan dengan tegangan 0 - 12VDC / 5A yaitu dengan menganti trafo,dioda,dan menambahkan Transistor daya mj 2955/3055.


9. Rangakain radio SW disini hanya dengan menggunakan 2 buah transistor, walaupun menggunakan 2 buah transistor tapi penerimaan gelombangnya cukup baik. antena cukup dengan menggunakan kawat tembaga dari kabel yang dikupas.


10. Rangkaian Adaptor ini bisa digunakan selain untuk intercom, rangkaian ini tegangan outputnya sudah stabil di 9VDC dengan Arus sekitar 1A.


11. Rangkaian saklar sentuh sederhana ini hanya menggunakan 4 buah komponen elektronika yang umum tersedia ditoko Spare part elektronik, mudah dibuat dan dengan biaya yang sangat murah.
dengan menggunakan sebuah IC 4011 yang dapat kita fungsikan sebagai alarm. sensor menggunakan Kawat yang kita atur jaraknya, jika kawat tersentuh maka akan membunyikan loud speaker.


12. Rangkaian pengatur nada dapat dipergunakan untuk mengatur tinggi rendahnya suatu nada dari peralatan elektronik dan outputnya dihubungkan ke input amplifier.


13. Rangkaian lampu disko ini dikemudikan oleg signal-signal suara dari sebuah sound system.
signal suara yang masuk melalui TR OT 240  mengaktifkan TR BC148 selanjutnya mentrigger SCR ST044 sehingga lampu menyala sesuai irama musik.
VR 5K berfungsi untuk mengatur kepekaan signal input, Lampu dapat dipasang paralel jangan melebihi 500Watt.buat kotak untuk rangkaian dengan media dari bahan plastik supaya tidak terjadi short circuit. 


14.Rangkaian Timer ini dapat digunakan untuk menghidupkan sumber daya sesuai waktu yang kita kehendaki.
prinsip kerjanya adalah kebalikan dari rangkaian timer yang digunakan untuk memutuskan sumber daya, artinya triac ST024 akan aktif sebagai saklar bila mendapat trigger/signal dari output pin 3 IC555, sedangkan lamanya waktu yang dikehendaki dapat diatur dengan merubah capasitor C1.


15. Rangkaian Menjaga lampu LED agar tahan lama dan terang. Rangkaian ini bekerja atas dasar pengosongan C 0,1mF yang dikemudikan dan dikontrol oleh IC 555. 

  16. Rangkaian alarm dapt kita gunakan untuk membangunkan tidur kita atau dapat juga untuk yang lainnya sesuai kebutuhan kita. prinsip kerja dari rangkaian ini adalah dengan sensor cahaya [LDR], LDR akan turun resistansinya jika terkena cahaya dan akan mentrigger input  dari IC 555 pin 3. lamanya priode waktu alarm dapat ditentukan dengan merubah nilai C3.
yang harus diperhatikan posisi letak LDR jangan sampai terkena cahaya penerangan, jika terkena cahaya rangkaian akan bekerja. maka letakkan LDR di posisi yang terhindar dari cahaya.kecuali cahaya matahari atau cahaya lampu kamar jika lampu dihidupkan.


17. Rangkaian kunci kode morse yang akan kita buat ini hanya dengan menggunakan 2 buah transistor. dengan menekan tombol push bottom sesuai dengan tanda kode morse kita dapat mendengar suara di loud speaker. cocok digunakan oleh pramuka.


18. Rangakaian sederhana ini dapat meningkatkan mutu suatu rekaman sehingga hasil perekaman tersebut sesuai dengan suara aslinya.


19. Rangkaian Flasher yang dikemudikan suara ini signal yang berasal dari microphone akan diperkuat oleh IC741 dan sebuah transistor sehingga akan mengaktifkan gerbang dari scr dan lampu akan menyala. kepekaan signal dapat diatur oleh VR1 dan VR2.
 

20. Rangkaian pengaman kendaraan sederhana murah dan mudah dibuat ini, pemasangan dioda dalam rangkaian ini berfungsi sebagai rangkaian OR GATE artinya bila tegangan yang masuk melalui salah satu dioda, maka TR BC148 akan segera aktif dan C25mF/25V akan mengisi muatannya untuk mentrigger SCR dan output dari scr tersebut tinggal kita koneksikan dengan lampu,sirine atau memutus koil yang kebusi.dengan tambahan sebuah relay 12V. untuk mematikan funsi alat tersebut kita tinggal menekan tombol reset.


 21. Rangkaian saklar pengaman elektronik ini keunggulan dan kegunaanya dapat memutuskan aliran listrik secara otomatis jika terjadi hubungan singkat atau kelebihan beban. beban bisa berupa lampu,atau alat elektronik lainya yang tidak melebihi kemampuan rangkaian tersebut yaitu 200 Watt. jika ingin beba lebih besar maka silahkan tukar type SCR nya. atau bisa juga SCRnya di paralel 2 buah untuk beban 400 Watt dan diberi alumunium untuk pendingin.


22. Rangkaian battery charger 12V/3A dengan menggunakan IC op amp 741 akan menghasilkan kualitas tegangan yang stabil. dan dilengkapi dengan pengukur Arus. yang harus diperhatika disini Trafo 3- 5A dengan tegangan sekunder 18 V.


23. Rangkaian kode morse kali ini menggunakan IC yang cukup terkenal,fenomenal dan umum dipasaran yaitu IC 555. outputnya bisa berupa earphone atau loud speaker dengan suara yang dapat si setel melalui VR2.


24. Rangkaian Pemancar Kode morse ini masih menggunakan IC 555. yang bisa kita dengarkan sendiri dan dipancarkan melalui antena dengan gelombang radio AM/MW. penerima tinggal mentuning radionya di frekuensi yang kosong.jarak pancaran masih sekitar 5-10 meter.


25. Rangkaian power supply dengan IC 555 yang fenomenal tersebut. rangkaian Power supply 12V/2A ini disearahkan gelombangnya dengan diode bridge dan diratakan seta diperhalus dengan IC 555 serta TR 2N3054.


26. Ranagkaian lampu darurat yang sangat sederhana ini dapat dibuat dengan mudah dan biaya yang murah.relay berfungsi jika arus listrik pln padam. koneksi pada kontak relay yang dipakai NC [normaly close].


27. Rangakain Charger otomatis ini berfungsi jika battery yang di charger sudah penuh , maka pengisian akan distop. SCR akan cut off jika arus/tegangan di battery sudah full.
 

28. Rangkaian ohm meter sederhana ini hanya dapat mengukur resistor atau bisa juga komponen yang mengandung resistansi. tanda R? adalh dimana kita meletakan komponen yang akan diukur. masalah toleransi kita jangan samakan dengan pabrikan, tapi alat ini cukup membantu bagi yang belum punya.


29. Rangkaian pengundian dengan saklar sentuh ini sama dengan kita mengundi dengan uang logam.
cara permainanya adalah dengan menyentuh berulang ulang sensor yang berupa plat dengan 2 keping terpisah. bila sensor disentuh dengan tangan maka tubuh kita akan mengeluarkan listrik statis yang akan mengaktifkan pin 2,6 dan 7 dari Ic 555 sehingga lampu led akan menyala secara tidak beraturan, dan pada akhirnya salah satunya akan padam.


30. Rangakaian penguat suara gitar yang biasa dipakai pada gitar akustic/bolongmenjadi gitar elektrik. ranakaian tersebut mudah dibuat dan hasil yang dihasilkan jernih. jalu masukan IN dikoneksikan dengan mic kondensor yang bentuknya sangat kecil, lalu dimasukan kelubang gitar diberi penguat supaya tidak lepas. sedangkan outputnya dapt di hubungkan ke loud speaker atau diperkuat lagi dengan amplifier agar menghasilkan suara yang menggelegar.


31. Rangakain monitor kode morse in dibuat tanpa catu daya, power suply ,adaptor sekalipun,sedangkan sumber daya dari rangkaian ini dengan menggunakanlilitan L1 yang dibelitkan diantena. dengan jumlah 5 lilitan, jika masih belum terdengar tambah jumlah lilitannya.


32. Rangkaian radio kabel 2 arah memalui jaringan listrik pln.
alat ini merupakan transmiter unik yang dapat mengirimkan signal AM keseluruh rumah melalui jaringan perkabelan jala jala listrik yang ada dirumah. selain daripada itu alat ini juga dapat mengirim pesan kerumah teman anda atau lokasi rumah kita yang lainnya.
untuk mendengarkan pesan tersebut anda tinggal memasukan reciever AM kedalam stop kontak dan mencari frekuensinya, bila sudah ketemu anda dapt mendengarkan pesan yang disampaikan oleh seseorangyang mempunyai alat seperti anda.
rangkaian ini merupakan rangkaian osilator dari kode morse yang dialirkan ke speaker kecil dan transmitter band AM. sedangkan sebagai antenanya adalah jaringan listrik pln. untuk menjalankan sistem ini kita tinggal menekan tombol dan atur L2 pada frekuensi yang dikehendaki pada kisaran 550-1650 KHz.
seperti sudah diterangkan diatas untuk keperluan komunikasi 2 arah ini maka diperlukan 2 set alat tersebut yang sudah disetting frekuensinya terlebih dahulu.
 

33. Rangkaian penguat audio dapat berfungsi baik dengan tegangan kerja 6 v. input dari rangkaian ini berasal dari peralatan yang mengeluarkan sinyal suara tapi masih lemah.


34. Rangakaian osilator dengan transistor ini adalah sebuah radio kristal penerimaan yang dapat mencari dan menemukan frekuensi dari stasiun radio yang diinginkan. dengan rangkaian ini setiap MHz sampai 30 MHz dapat dihasilkan ratusan signal harmonis untuk setiap 100KHz. C2/Varco berfungsi sebagai trimmer. koil 35mH berfungsi sebagai osilator utamanya.


35. Rangkaian kunci morse tenaga matahari kali ini menggunakan Fhotocell sebagai power supplynya. fhotocell juga bisa disinari dengan lampu yang cahayanya kuat.


36. Rangkaian amplifier dengan 1 transistor ini menghasilkan suara yang jernih. dapat juga digunakan sebagai pre amp mono, booster mikrophone dll.


37. Rangkaian detektor logam dapat mendeteksi atau mengetahui adanya logam atau metal dibawah tanah sebagai sensornya kita menggunakan tabung deteksi geiger 1B86. bila ada logam dibawah tanah maka loud speaker akan berbunyi terus menerus.


38. Rangkaian organ mini sangat sederhana dan komponen yang umum dipasaran. untuk memainkan alat ini kita dapat menekan tombol tombol berdasarkan nada nada yang telah ditentukan.


39. Rangkaian filter audio cocok di gunakan pada sistem peralatan stereo kita.dengan rangkaian filter ini kita dapat menyaringsemua jenis gangguan baik berupa noise,distorsi maupun frekuensi yang tidak dikehendaki. atur potensio R7  kira2 setengahnya kemudian R3 sampai dihasilkan signal suara yang diinginkan, untuk mendapat signal output yang baik atur potensio R8.
gunakan kabel coaxial untuk hasil yang bagus.


40. rangkaian pengatur elektronik kali ini menggunakan relay sebagai pemutusnya. sehingga dapat digunakan untuk meng offkan peralatan elektronik yang mempunyai beban besar.
dalam rangkaian tersebut penentu waktunya adalah kapasitor C1 yang dapat menghasilkan waktu sekitar 1-12 detik jika nilai C1 diganti 50mF maka waktu yang dihasilkan 5-50 detik.


41. Rangkain booster head set dapat digunakan untuk aplikasi lainya. unutk mendapatkan suara yang baik dan bersih, atur potensio R1.
 

42. Rangakaian radio kristal regeneratif yaitu penambahan loop melalui koil antena utama L2 dan potensio R1 berfungsi mengatur dan mengontrol t=regenerasi dan pengatur awal. untuk mencari penerimaan gelombang atur kapasitor variabel/varco C1. antena cukup berupa kabel yang masih ada kulitnya.


43. Rangkaian pengatur tegangan DC outputnya dapat diatur dengan potensio R2 dengan tegangan 0-6 volt.


44. Rangkaian metronom adalah rangkaian yang menghasilkan suara seperti klak klik klak klik. dengan mengatur R3 irama dapat disesuaikan dengan nada yang diinginkan. bisa juga dipakai sebagai alat bantu buat menghipnotis.
 

45. Rangkaian Radio tenaga matahari ini sumber tegangannya menggunakan PC1 [fhotcell] yang bila terkena sinar matahari atau sinar lampu yang terang akan berubah nilai resistansinya, sehingga transistor dapat bekerja. untuk mentuning/mencari siaran dengan memutar C1 [varco], sedangkan antenanya cukup menggunakan kawat tembaga yang kaku.


46. Rangkaian komunikasi dengan cahaya yang dimaksud disini adalah, kita dapat melakukan komunikasi dengan orang lain yang diseberang rumah kita pada malam hari. rangkaian tersebut masih menggunakan fhotocell [pc1] yang dipasang diluar jendela kamar kita dan menghadap keseberang rumah yang akan berkomunikasi dengan kita.fhotocell sebaiknya diselubungi karton agar tidak terkena cahaya yang lain selain cahaya dari seberang rumah kita. sedangkan rumah diseberang menyoroti fhotocell dengan lampu senter dengan cahaya terputus putus [kode morse],maka akan terdengar suara yang diketahui artinya oleh kedua pihak. jika ingin komunikasi 2 arah maka masing masing harus punya rangkaian tersebut beserta senter. R2 untuk mengatur suara yang dihasilkan.


47. Rangkaian pengontrol kelembaban adalah suatu alat yang dapat memberitahukan kita jika suatu ruangan atau apapun kondisinya sudah berapa lembab. sehingga rangkaian ini dapat meng cut off peralatan elektronik tersebut.
sebagai sensornya kita menggunakan moisture element sensor atau bisa juga kita gunakan NTC / stik mekanikal suhu AC. jika sensor terkena udara lembab maka resistansinya akan turun sehingga transistor bekerja dan relay [K1] akan memutuskan kontak. R2 berfungsi mengatur kepekaan sensor.


48. Rangkaian lampu kendaraan berfungsi sebagai alarm yang akan memberitahukan kita lampu masih menyala disaat kita sudah mematikan kendaraan, walaupun mesin kendaraan sudah dimatikan.
keistimewaan rangkaian ini adalah ia akan berhenti berbunyi bila lampu telah dimatikan mesin dalam kondisi mati dan berhenti berbunyi jika kita berkendara dimalam hari mesin dalam kondisi hidup.


49. Rangkaian pre-amp 2 transistor dapat diaplikasikan untuk microphone,head unit,head set dll sesuai keinginan.


50. Rangkaian pengontrol sumber daya AC dapat difungsikan untuk mematikan beberapa jenis peralatan elektronik maupun listrik dari jarak jauh. sebagai inputnya kita dapat menggunakan sensor LDR,fhotocell,NTC,PTC,proximitry,dll asalkan sensornya dapat berubah resistansinya jika terkena suatu objek. Kepekaan sensor dapat diatur oleh R3.


51. Rangkaian pengaman peralatan elektronik yang menggunakan sumber tegangan dari accu ini sangat simpel dan sederhana sekali. hanya dengan 1 buah komponen yaitu dioda BY127 [karakteristik dioda tersebut akan membatasi arus 3A/50v]. jika kita gunakan untuk lampu led yang sering kita jumpai di kendaraan bermotor dengan warna yang beragam, jangan langsung dipasang dahulu tapi kita harus memasangkan pembatas arusnya yaitu dioda IN4001 [karateristik dioda tersebut adalah 1A/200V] dipasangkan disisi positif [kabel merahnya] secara serial [tanda putih di dioda menghadap ke arah led] terbalik led tidak menyala tapi tidak menyebabkan led rusak. dijamin lampu led akan tahan lama dan kecerahanya yang rata.


52. Rangkaian lampu pijar berkedip hanya dengan sebuah starter lampu neon, sedangkan capasitor sebagai delay kedipan.






Sekian Semoga Bermanfaat, tutorialnya videonya klik disini
Selamat mencoba, bereksperimen dan berkarya....WASSALAM
bangdjo 
jangan lupa like - komentar - +1 - join member
bersambung kebagian 2 klik disini....

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"