Berbagi Ilmu : Penguat Daya Mosfet 20 Watt

Sunday, December 27, 2015

Penguat Daya Mosfet 20 Watt

Pada kesempatan kali ini akan dibagikan sebuah skema rangkaian penguat daya (power Amplifier) dengan menggunakan Mosfet, yang dapat menghasilkan keluaran sebesar 20 Watt dengan impedansi 8 ohm.

Dengan menggunakan IC sebagai penerima sinyal masukan dari tone control maupun peralatan audio lainya, sehingga menhasilkan suara keluaran yang jernih.

Penguat daya mosfet ini cocok diaplikasikan untuk Aktif Speaker, jika ingin keluaran stereo dapat dibuat 2 buah. yang masing-masing inputnya dihubungkan ke peralatan audio dengan output stereo.

Berikut ini skema rangkaian Penguat Daya Mosfet 20 Watt :
klik gambar untuk perbesar
Sumber arus yang dibentuk oleh T1 dan T2 diperlukan guna menentukan arus stasioner T3 dan T4 pada 50 mA. nilai dari resistor R4 dan R5 adalah harus sesuai dengan yang tertulis di skema, jika nilai R4 dan R5 tidak sesuai maka perosotan tegangan pada resistor tersebut tidaklah mencukupi untuk mengonkan T3 dan T4.

Dengan sumber arus dari R4 dan R5 dan setelan dari P1, makan tegangan pada R4 dan R5 akan naik.
dan akan menaikan arus stasioner pada T3 dan T4 yang mengakibatkan mosfet bekerja.

Berikut ini skema rangkaian Catu daya untuk penguat daya mosfet 20 Watt : 

klik gambar untuk perbesar 
Catatan :
* T2, T3 dan T4 harus diberi pendingin alumunium (heatsink) yang memadai untuk membuang hawa panas disaat mosfet bekerja.
* Untuk R4 dan R5 1K3, jika tidak menemukan nilai ohm yang sesuai dengan yang diskema rangkaian, dapat diserial antara 1K2 + 100 ohm, begitu juga dengan R9 240 ohm ( 120 ohm + 120 ohm ).
* Pada rangkaian Catu daya, jika tidak mendapatkan dioda brigde 3A dapat dibuat dengan dioda 3A sebanyak 4 buah, yang di koneksikan sesuai gambar.
Sekian Semoga Bermanfaat...!!!
wassalam
bangdjo
jangan lupa komentar - share - reaksi - joint member - G+1

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"