Berbagi Ilmu : Cara Mengetahui Asli Palsu Batu Akik Dahulu dan Sekarang

Saturday, May 16, 2015

Cara Mengetahui Asli Palsu Batu Akik Dahulu dan Sekarang


Di tahun 2013 sampai Awal tahun 2015 di indonesia sedang booming batu mulia/akik/cincin, tua muda besar kecil pria wanita tidak ketinggalan untuk mengoleksi batu akik.
Dipasar modern sampai pasar tradisionalpun banyak yang memajang koleksi batu akik untuk dijual. tersedia juga peralatan untuk memotong batu masih berbentuk bongkahan, menggosoknya hingga memoles batu sampai mengkilap sehingga menjadi sebuah batu cincin tersedia dengan mudah.

Begitu pula dengan assesoris dan pernak perniknya, pengikat batu akik dari perak,baja putih,titanium dan emas campuran dll, dengan variasi dan model yang beragam juga dengan mudah kita dapatkan.

Setiap daerah di indonesia berlomba untuk memperkenalkan batu akik andalanya.
Memang Indonesia kaya akan sumber daya akan batu mulia selain sumber daya alam lainya,beragam jenis batu mulia baik corak, bentuk, tekstur, warna dan kandungan unsur mineral serta kimiawi yang terkandung didalamnya sangat beragam.

klik gambar untuk perbesar
Tetapi harus diingat pula,dengan sedang boomingnya batu mulia (akik) di indonesia membuat celah bagi produsen skala industri untuk membuat sebuah batu sintetis/masakan. Yang tidak kalah bagus dan indahnya dari segi penampilan,corak,warna dan teksturnya.

Dahulu ditahun 50 sampai tahun 90 an, jika ingin mengidentifikasi sebuah batu mulia/akik orang tersebut cukup menggunakan sebuah senter atau diterawang di dekat cahaya matahari atau lampu penerangan. walaupun sudah ada alat tester yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah berlian/permata. akan tetapi harganya mahal dan tidak sesuai dengan kebutuhan seorang pengoleksi batu mulia/akik.

Seiring dengan kemajuan tehnologi sudah banyak alat untuk mengidentifiksai sebuah batu mulia/akik asli atau sintetis/masakan. dari yang harganya puluhan ribu sampai yang jutaan semua tersedia dan mudah didapat dimana-mana.

Cara yang sering digunakan untuk mengidentifikasi sebuah batu mulia/akik adalah :
1. Diterawang
klik gambar untuk perbesar
Batu mulia/akik dilihat dengan cara diarahkan ke cahaya lampu atau sinar matahari,untuk melihat bias/pendaran cahaya di dalam batu. 
- jika batu mulia/akik tersebut asli/alami maka akan terlihat bias/pendaran cahaya di dalam batu akik tersebut.
- jika batu mulia/akik tersebut sintetis/masakan, maka tidak ada bias/pendaran cahaya dalam batu mulia/akik tersebut.





2. Disinari Cahaya Putih (Lampu Senter) .
klik gambar untuk perbesar
Prinsipnya sama dengan diterawang,dengan cara disorot sinar lampu senter yang cahayanya berwarna putih, kemudian langsung ditempelkan kearah batu mulia/akik. akan lebih terlihat detail corak dan warna yang ada didalam batu mulia/akik tersebut.
- Cukup dengan menggunakan sebuah lampu senter LED kecil dengan cahaya berwarna putih yang langsung ditempelkan  kearah batu mulia/akik disetiap sisinya.maka orang akan mengetahui batu mulia tersebut asli/alami atau sintetis/masakan.


3. Menggunakan Diamond Selector
klik gambar untuk perbesar
Dapat juga di sebut sebagai alat uji kadar/karat berlian/batu permata.
pemakaianya hanya menempelkan ujung metal diamond selector, kemudian dipilih jenis batu mulai atau berlian/permata yang akan dites.
jika kandungan mineral dan unsur kimiawi yang tinggi maka alat tersebut akan memberikan sinyal berupa suara beep serta lampu indikator yang akan sesuai level [ hijau - kuning -  merah ].
makin banyak lampu indikator yang menyala menandakan semakin tinggi kandungan mineral dan unsur kimiawi/karat yang terkandung di batu permata/mulia.

4. Menggunakan Smart Phone [Touch Screen ]
klik gambar untuk perbesar
Saat ini smart phone dapat pula digunakan sebagai alat identifikasi asli/palsu sabuah batu mulia/akik.
dengan cara menggesekan keatas,kebawah,kiri,kanan sebuah batu diatas layar monitor smart phone.
jika layar monitor bergerak scrool sesuai arah yang kita gesekan,sebagai indikator sebuah keaslian sebuah batu.
kenapa bisa terjadi :


semua dapat dijelaskan secara ilmiah. sebuah batu mulia/akik yang asli mengandung senyawa kimiawi dan mineral alami serta berfungsi sebagai junction/penghubung antara jari kita dengan layar monitor smart phone, karena jari kita mengandung medan elektromagnetik dan batu mulia yang asli sebagai konduktor [penghantar] terhadap medan elektromagnetik layar monitor smart phone,medan elektromagnetik jari dengan medan elektromagnetik layar monitor berlainan kutub yang menyebabkan layar monitor smart phone bergerak sesuai arah jari kita.

setelah diuji coba dengan 3 buah batu mulia/akik yang berlainan dan dengan responsif yang berlainan juga, maka didapat 3 kesimpulan :

* Layar monitor smart phone akan scrool mengikuti arah batu yang digerakan dengan responsif , yang sama ketika jari kita yang menyentuh layar. itu menandakan batu mulia/akik tersebut memiliki kandungan mineral dan unsur kimiawi yang tinggi [ disebut batu tua ] serta pengkristalan sudah terjadi sempurna. dapat disebut juga jenis batu super.batu mulia/akik tersebut ASLI.

* Layar monitor smart phone hanya dapat scrool sekali sekali bahkan responya lambat. itu menandakan batu mulia/akik tersebut memiliki kandungan mineral dan unsur kimiawinya yang sedikit [ disebut batu muda ] serta belum terjadi pengkristalan yang sempurna. batu mulia/akik tersebut ASLI.

* Layar monitor smart phone tidak dapat discrool sama sekali dengan batu mulia/akik, menandakan batu akik tersebut sintetis/masakan. yaitu batu yang dibuat secara sengaja  dengan menggunakan bahan baku dari SERAT KACA atau ZACRON atau MIKA. karena bahan baku tersebut tidak bisa berfungsi sebagai konduktor tapi berfungsi sebagai isolator. jadi tidak bisa menghantar medan elektromagnetik. batu mulia/akik tersebut PALSU.

5. Diperiksa Laboratorium Gemologi 
klik gambar untuk perbesar
Sebuah batu akik jika sudah di periksa dilaboratorium jenis kandungan mineral dan zat kimia serta warna dan corak/tekstur kekhususanya, dan akan meningkatkan nilai jual yang berlipat lipat. karena batu mulia/akik tersebut sudah disertifikasi.biasanya batu akik yang akan di sertifikasi berjenis super dan langka.

Perlu kita ketahui batu mulia/akik sama seperti sidik jari yang tidak ada duanya.mungkin dari segi warna bentuk corak bisa sama, tetapi dari segi kandungan mineral dan unsur kimiawinya serta teksturnya yang berbeda.

disitulah nilai keindahan dan nilai jual dari batu mulia/akik.
dari cara mengindentifikasi sebuah batu mulia/akik, cara nomor 5 lebih akurat dan terpecaya. karena disertakan dengan sertifikasi berupa surat keterangan hasil pemeriksaan laboratorium mengenai semua kandungan yang terdapat di batu mulia/akik.
sekian semoga bermanfaat. 
wassalam
bangdjo  
jangan lupa like - reaksi - komentar - +1 - join member 

No comments:

Post a Comment

"Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar"